Jumat, 27 April 2012

Event


PROGRAM UMUM

  •   OPENING CEREMONY


       Opening ceremony adalah kegiatan awal tim KKN, ini sebagai garis awal pengenalan kami kepada masyarakat sekitar. Di dalam acara ini akan diadakan silaturahmi (ramah tamah) dan peresmian penerimaan tim KKN kami di desa Mekar Buana, Karawang. Adapun tujuan digelarnya opening ceremony ini adalah sebagai bentuk awal interaksi antara panitia dengan warga setempat secara ceremonial. Dan pihak yang akan terlibat di dalamnya adalah perwakilan desa setempat, universitas, dan lainnya.


  •  BACA YUK! (Pemberantasan Buta Huruf)


Kegiatan ini bersifat edukatif dan sosialis. Kegiatan ini merupakan salah satu program inti dari kegiatan Kuliah Kerja Sosial kelompok BULAN. Kegiatan ini bertujuan untuk memberantas buta huruf di lingkungan desa Mekar Buana yang notabene penduduknya tidak dapat membaca dan menulis. Sasaran kegiatan ini dititik beratkan pada seluruh warga Desa Mekar Buana. 


  •   Olga Saputra (Olah Raga Sehat Penuh Tenaga dan Ceria)
                Kegiatan ini berupa kegiatan cabang-cabang olahraga seperti sepak bola, basket, badminton,dll. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada sore hari untuk mengisi waktu luang disore hari sekaligus bentuk sosialisi peserta KKN kepada warga sekitar. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa gemar berolahraga untuk hidup yang lebih sehat.
      •       KAJIAN REMAJA ISLAM

Kajian ini bersifat sosial religi. Tujuannya adalah agar para remaja mengetahui cara-cara yang benar dalam mengerjakan ibadah sehari-hari. Adapun sistemnya adalah narasumber menjelaskan kemudian dilanjutkan dengan sesi Tanya-Jawab. Dengan adanya kegiatan ini untuk menambah ilmu dan wawasan para remaja sehingga bisa meningkatkan IPTEK dan IMTAQ.

  • SALIRA (Santri Cilik Ceria) / Pesantren Kilat


Pesantren kilat merupakan kegiatan sosial religi edukatif yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan bulan suci Ramadhan. Adapun targetnya adalah siswa/i SD setempat. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 (Empat) hari, pada hari pertama sampai ke tiga para santri akan diajarkan pengetahuan tentang keagamaan lebih mendalam. Kemudian pada hari ke empat akan diadakan perlombaan sebagai puncak acara agar peserta lebih antusias dalam mengikuti kegiatan pesantren kilat ini. Adapun lomba-lombanya antara lain :
1.      Lomba Adzan
2.      Lomba Hafalan Surat Pendek
3.      Lomba Do’a Harian
4.      LombaTilawatil Qur’an

  •           Ajari Aku


Kegiatan ini bertujuan membantu para siswa/i tingkat SD/SMP/SMA yang kesulitan dalam masalah pelajaran. Kegiatan ini bersifat kondisional dan edukatif, panitia pelaksana membuka pintu selebar-lebarnya kepada para siswa/i yang membutuhkan bantuan. Konsep yang tidak terlalu formal dan terkesan lebih bersahabat dengan anak-anak diharapkan mampu memacu semangat para siswa/i dalam belajar.

  • SunClean (Sunday Clean)


Kegiatan ini dilakukan untuk menjaga lingkungan tetap bersih. Kebersihan sangat penting untuk kesehatan, kesehatan juga merupakan sebagian dari iman. Dengan diadakan kegiatan ini diharapkan bisa menumbuhkan semangat warga untuk menjaga kebersihan lingkungan sehingga tercipta suasana yang nyaman dan sehat. Selain itu juga untuk menumbuhkan rasa gotong royong antar warga.

PROGRAM KHUSUS
  •       SEMINAR KESEHATAN “Bebas Penyakit Dengan Hidup Sehat


Kegiatan ini bersifat sosial edukatif. Dalam kegiatan ini akan dijelaskan hal-hal mengenai kesehatan dan cara hidup sehat yang baik. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman pada warga mengenai cara hidup sehat dan khususnya bagaimana cara menanggulangi penyakit-penyakit yang sering menjangkit warga desa. Setelah kegiatan ini, diharapkan warga mampu membiasakan diri untuk hidup sehat.
  •  PEMERIKSAAN KESEHATAN GRATIS
Kegiatan bantuan sosial ini berupa pemeriksaan kesehatan gratis yang difasilitasi oleh panitia KKS yang bekerjasama dengan pihak puskesmas terdekat. Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi warga yang kurang mampu untuk mendapatkan layanan kesehatan secara gratis.

  • PELATIHAN PERTANIAN


         Pelatihan pertanian ini merupakan kegiatan bersifat edukatif. Dalam hal ini, panitia sebagai tim pelaksana akan terjun langsung dan mensosialisasikan cara bertani yang benar. Kegiatan ini ditujukan kepada para petani yang ada di Desa Mekarbuana.  Diharapkan warga dapat memahami cara memilih bibit yang unggul serta dapat menghasilkan hasil tani yang lebih baik setelah adanya kegiatan ini. 

  • SEMINAR WIRAUSAHA “Mewujudkan Masyarakat Yang Mandiri, Unggul, dan Terdepan


               Seminar wirausaha ini memberikan pengetahuan dan informasi kepada warga mengenai wirausaha yang meliputi proses produksi, modal, dan pemasaran. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini warga bisa menjadi masyarakat yang mandiri dan berkembang dengan ilmu kewirausahaan yang sudah dipaparkan pada saat seminar.

  •   SEMUR dan BARBEKU (Sembako Murah dan Barang Bekas Berkualitas)


Kegiatan bantuan sosial ini berupa penjualan barang-barang sembako murah dan barang-barang bekas yang masih layak pakai dengan harga yang sangat terjangkau.  Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meringankan kebutuhan primer warga Desa Mekar Buana.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar